Senin, 04 Juli 2011

Cara alami mengusir lalat

Usir lalat dengan "alami"
Serangga yang satu ini memang sudah terlanjur dicap sebagai serangga pembawa bakteri aliat penyakit, walau perannya sebagai dekomposer/pengurai sampah /kotoran tertutupi dengan perannya sebagai “musuh” bagi manusia. Jika kita merespon secara logika pun bila ada lalat berarti  ada belatung, bila ada belatung pasti ada bangkai atau sampah basah yang menjadi sumber kehidupannya, dst. cmiiw. Seperti juga pada nyamuk, yang perlu kita lakukan adalah memutus siklus kehidupan lalat itu sendiri. Jadi coba dicari sumber datangnya lalat, apakah ada tumpukan sampah kotor, atau bangkai yang tidak ketahuan. Bila ada, segera lakukan pembersihan total, dan mulai manajemen sampah dan kebersihan lain. (ini bisa dipelajari dalam buku Hygienis dan Sanitasi). Sebagai tambahan informasi, Lalat pada dasarnya aktif disaat matahari terang, dan tidur saat matahari tenggelam. Jadi gampangnya, lalat akan aktif bekerja saat terang sinar.
Mengusir lalat, bukan pekerjaan yang gampang atau susah, kini berbagai semprotan anti serangga berbahan kimia, seringkali dipilih sebagai cara mudah dan cepat membunuh/mengusir serangga. Namun, cara jitu ini juga meninggalkan racun buat tubuh manusia. Jika salah dalam penggunaan, kita bisa keracunan. Ada juga alat-alat elektronik instan pengusir lalat yang bisa digunakan pada saat-saaat tertentu.
Maka, selain cara pintas tadi, ada cara yang lebih alami dan aman, pun sama mudahnya. Coba deh beberapa wewangian alami di bawah ini, untuk mengusir lalat di rumah.
Cengkeh
Wangi cengkeh ternyata cukup efektif mengusir lalat. Ada dua cara memanfaatkan wewangian rempah yang satu ini. Pertama, cara yang paling sederhana. Rendam cengkeh secukupnya, pada semangkuk air. Kemudian letakkan rendaman cengkeh tadi pada tempat yang banyak dihinggapi lalat.
Selain daun pandan dan lavender, aroma cengkeh terbukti ampuh mengusir lalat di sekelilingnya.
Untuk mendapatkan wangi yang lebih tajam, padukan wangi cengkeh dengan apel. Caranya, siapkan satu buah apel yang sudah matang. Penuhi seluruh permukaan apel dengan cengkeh, dengan cara menusukkan bunga-bunga cengkeh ke permukaan kulit apel. Letakkan apel yang sudah terutup cengkeh ini di atas meja. Lalat pun enggan mendekat.
Daun Pandan
Wangi pandan, ternyata juga bisa dicoba untuk mengusir lalat.
Caranya cukup mudah. Cukup siapkan beberapa helai daun pandan, kemudian iris halus. Letakkan irisan daun pandan tadi pada sebuah mangkuk atau piring. Terakhir, tempatkan piring atau mangkuk tadi di tempat yang banyak dihinggapi lalat.
Lavender
Lavender merupakan salah satu tanaman, yang wanginya tidak disukai serangga.
Kita bisa menempatkan beberapa tangkai bunga lavender di dalam rumah, untuk mengusir lalat. Selain mengusir lalat, bunga-bunga lavender ini juga mempercantik tampilan ruangan.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Bolo Dewe powered by blogger.com
Design by Simple Diamond Blogger Templates